deadline,

5 Tips Singkat Agar Wanita Sukses Karir dan Berkeluarga

December 24, 2017 Jay Denny 0 Comments



Hampir sebagian besar wanita di Indonesia punya passion cukup besar dalam diri mereka hingga berlanjut ke tingkat karir. Gamblangnya, kita nggak bisa bohong dengan diri sendiri kalau hal paling membahagiakan dalam hidup salah satunya adalah bisa berkarir sesuai dengan passion. Rasanya ada kebanggan tersendiri yang berkobar di dalam hati. Mau sesulit apa pun proses berkarir, selama dikerjakan sesuai dengan minat dan bakat diri jadinya mengalir aja terus. Ngeluh mungkin juga sesekali, tetapi pada akhirnya maju terus pantang mundur.



Namun, pertanyaannya adalah apakah kita sebagai wanita bisa tetap berkarir jika sudah berkeluarga? Mengingat kita juga tidak mungkin senantiasa sendiri karena pasti butuh seseorang untuk menemani hari-hari yang penuh tantangan ini. Ternyata jawabannya adalah bisa banget.
Bahkan banyak wanita yang sukses berkarir dan berkeluarga dengan 5 tips berikut ini:

1.       Izin suami dan kerja sama keluarga
Mau berkarir sukses? Coba jangan pernah melewatkan izin apalagi dukungan suami dan keluarga, karena peran mereka penting banget buat karir kita. Kalau mungkin saat masih sendiri ridho Allah ada di orang tua, maka saat sudah berkeluarga ridho Allah tentu terletak pada suami.

Selain meminta restunya, kita juga harus mengajak kerja sama suami tentang bagaimana pengasuhan anak serta urusan keluarga kedepannya. Misalnya aja kalau udah berkarir tentu kewajiban dan hak istri tidak boleh hilang begitu saja.  Usahakan supaya tetap ada komitmen dan kesepakatan yang telah dibuat berdua sejak menikah.

2.      Konsisten
Namanya berkarir kan nggak bisa cuma satu atau dua hari ajaUsahakan juga untuk terus konsisten mengatur kerjaan dan urusan keluarga. Jangan sampai ada urusan rumah yang terbengkalai atau malah tidak terurus hanya karena karir. Sebaliknya, pekerjaan juga harus diatur supaya tidak menganggu ke hal-hal lain di rumah.



3.      Kendalikan ego dan cara berpikir
Meskipun kita telah menjadi wanita karir, bukan berarti posisi kita lebih oke, mentereng, atau pun berada jauh di atas suami, NO! Justru karir lah yang seharusnya membuat kita makin berpikir lebih luas dan bijak kalau imam keluarga tidak bisa diukur dari sebuah pekerjaan semata.

Selain itu, usahakan untuk tetap berkomunikasi dengan suami dan mengedepankan kewajiban seorang ibu yang tetap ingin berada di samping anak-anaknya saat mereka berada di rumah. Jangan pernah menduakan anak-anak hanya karena karir sehingga kebutuhan kasih sayang mereka tidak terpenuhi.

4.      Bersikap profesional
Menyambung dari nomor tiga, biar jadi wanita sukses berkarir sekaligus berkeluarga adalah dengan tidak membawa pekerjaan ke rumah. Hal ini bakal berdampak buruk pada keharmonisan rumah tangga karena namanya pekerjaan memerlukan waktu untuk diselesaikan. Padahal kebersamaan dengan keluarga juga mengorbankan waktu. 



Bisa dibayangin kan gimana rasanya kalau lagi mengejar deadline atau pekerjaan tetapi anak sedang sakit atau suami lagi butuh kita? Pasti ribet banget dan ujungnya malah bikin emosi. So, pisahkan urusan pekerjaan dengan rumah. Atur waktu sebaik mungkin, kapan saatnya bekerja, kapan waktunya bersama keluarga.

5.       Me time
Namanya wanita karir bahkan ibu rumah tangga sekali pun pasti memerlukan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Entah sekadar tidur guling-guling di depan televisi dan tidak melakukan apa pun atau hanya duduk ngopi santai di cafe, me time selalu menjadi kesempatan yang baik buat menyegarkan pikiran kembali.


Nah, kalau kamu mau me time, jangan lupa buat komunikasi dengan pasangan dulu ya, agar rumah dan anak bisa tetap terurus dengan baik meski tanpa kamu sehari aja. 

You Might Also Like